Pemkab Rohul Peringati Hari Lahir Pancasila 2023

RIAUMERDEKA-Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Pemkab Rohul) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Bupati Rohul secara serentak di seluruh Indonesia, Kamis (1/6/2023).

Diketahui, Melalui Surat Edaran resmi yang di rilis oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyebutkan, Peringatan Hari lahir Pancasila setiap tahunnya berdasarkan Keppres Nomor 24 tahun 2016 yang menyatakan, tanggal 1 Juni merupakan hari penting nasional.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 mengangkat Tema, "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global" dengan Tagline Aktualisasi Pancasila Energi Pertumbuhan Global.

Bupati H. Sukiman memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023, diikuti sebagai Peserta upacara, TNI/POLRI, Satpol PP, Seluruh Pegawai di Lingkungan Pemda, Kepala Sekolah, Ormas, siswa SMP, SMA/SMK di Rohul.

Upacara Dihadiri oleh Wakil Bupati Rokan Hulu H. Indra Gunawan, Forkopimda, Sekda Rohul Muhammad Zaki SSTP, M.Si, para Asisten dan staf Ahli Bupati, Kepala dinas Komunikasi dan Informatika, H.Syofwan S.Sos, beserta Kepala OPD lainnya dan LAMR Rohul.

Bupati Rokan Hulu H. Sukiman menyampaikan Amanat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyatakan, bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.

"Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai,“bintang penuntun,"Ucapnya.

Dikatakan, Leitstar dinamis yang memandu kehidupan bangsa, agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, dalam mewujudkan masyarakat indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Sukiman Menjelaskan Hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai Dasar Negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilainilai pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa indonesia.

"Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha esa untuk bangsa indonesia. Untuk itu kita diminta mengamalkan nilai-nilai pancasila yang merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air,"Kata Sukiman.

Sehingga menurut Sukiman, dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. nilai-nilai pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana. Seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.

Bahkan berkat pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional bhinneka tunggal ika,"paparnya.
(ADV/MC/Kominfo)

TERKAIT