RIAU MERDEKA / Ekonomi / Permintaan Kurma Meningkat di Pekanbaru

Bulan Ramadhan,
Permintaan Kurma Meningkat di Pekanbaru

Ekonomi - Redaksi | Minggu, 14/4/2019

PEKANBARU - Meski baru memasuki hari ke empat Ramadan 1440 hijriah, pedagang kurma di Pekanbaru mengakui permintaan kurma jauh meningkat dari biasanya.

Salah satu pedagang kurma Gerai Annajwa, Jalan Rambutan Pekanbaru, Rahmawati menyebutkan awal puasa ini kurma dagangannya telah habis sebanyak 42 kardus dan sedang dalam pengiriman 25 kardus lagi.

“Dulu hari-hari biasanya habis 30 sampai 35 kardus per minggu. Alhamdulillah baru hari keempat puasa sudah lebih meningkat peminatnya,” ucapnya, Kamis (9/5).

Rahmawati juga menyebutkan banyaknya peminat kurma karena masyarakat tahu manfaat dari buah yang disunnahkan nabi pada saat berbuka puasa tersebut. Selain untuk meningkatkan stamina tubuh, ia juga menyebutkan kurma merupakan obat yang mujarab untuk beberapa penyakit.

Di gerai Annajwa Pekanbaru terdapat beberapa jenis kurma yang dijual yaitu kurma muda, ajwa, sukari premium, sukari curah, khalas sa’ad, khalas herba tamara, khalas tangkai dan lain sebagainya. Dari berbagai jenis kurma yang ada, disebutkan Rahmawati, yang paling banyak diminati ialah sukari premium.

Rahmawati menambahkan, di gerainya semua kurma-kurma yang dijual berasal dari Mekkah. Ia menuturkan, sebagai pembeli harus berhati-hati dalam memilih dan mengkonsumsi kurma, karena saat ini banyak kurma yang beredar, impor dari negara lain seperti Israel dengan harga jual relatif murah dibandingkan kurma Arab.

“Kurma dari Israel itu sudah beredar di Pekanbaru, harganya jauh lebih murah dibandingkan yang dari Arab, tentu saja kualitasnya beda, rasanya pun beda. Jadi hati-hati saja dalam memilih, jangan tergoda hanya karena harga murah. Disini kami tidak ada jual,” jelas Rahmawati.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar terhadap kurma, Rahmawati akan terus menambah stok yang tersedia di gerainya. Ia bersama timnya juga turut membuka bazar kurma di halaman tokonya.

Tidak hanya kurma, pemilik gerai Annajwa ini mengatakan, oleh-oleh Arab lainnya juga banyak digemari di Pekanbaru saat bulan Ramadhan, seperti kopi Arab, coklat, serta buah-buah lainnya.

“Kopi, coklat dan buah lainnya juga banyak peminatnya, bahkan banyak juga yang pesan online dari berbagai kota di Riau,” terangnya. (MCR/IP)

(27) Dibaca - () Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
Redaksi | Info Iklan
Copyright 2012 cv. PARADIGMA MEDIA MERDEKA (PMM), All Rights Reserved