RIAU MERDEKA / Otonomi / Musim Lebaran: Layanan Kesehatan di Riau Bakal Buka 24 Jam

Musim Lebaran: Layanan Kesehatan di Riau Bakal Buka 24 Jam

Otonomi - Redaksi |
Rabu, 29/05/2019 - 16:18:23 WIB

PEKANBARU - Selama musim libur Lebaran 2019, Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau akan menyiapkan layanan kesehatan untuk siaga 24 jam, meliputi rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) se Riau.
 
Kepala Diskes Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, bahwa pihaknya telah menyurati pemerintah di tingkat kabupaten dan kota agar segera mengaktifkan Puskesmas dan rumah sakit pemerintah maupun swasta menjelang musim mudik lebaran ini.
 
"Kami telah menyurati Diskes kabupaten dan kota agar mereka dapat menyiagakan puskesmas, terutama  yang berada di jalur mudik lebaran, serta rumah sakit pemerintah dan swasta, termasuk rumah sakit TNI/Polri selama H-7 sampai H+7 lebaran," kata Mimi di Pekanbaru, Selasa (28/5/2019).
 
Di mana, nantinya akan ada 100 unit Puskesmas yang siaga 24 jam selama mudik lebaran. Namun untuk Puskesmas yang berada di jalur mudik terdapat 34 Puskesmas.
 
"Termasuk 16 rumah sakit pemerintah di kabupaten/kota dan 20 rumah sakit swasta siap siaga menghadapi Idul Fitri," bebernya.
 
Tak hanya itu, lanjut Mimi, Fasyankes juga disiapkan di posko mudik lebaran 2019. Sedikitnya ada 100 posko di kabupaten/kota yang terdapat tenaga kesehatan baik dokter, perawat dan bidang yang di standby-kan di posko mudik lebaran.
 
"Untuk sumber daya manusia kesehatan, setiap posko kita standby-kan satu dokter dan dua perawat/bidan. Setiap posko terdapat tiga shift dalam sehari, dimana tenaga kesehatan bertugas secara bergantian," ujarnya.
 
Berikut 34 Puskesmas Siaga 24 Jam Selama Lebaran di Jalur Mudik Riau :
 
Menuju Indragiri Hilir dari Pekanbaru (8 Puskesmas) yang terdiri dari Puskesmas Sikijang Mati, Pangkalan Kerinci, Ukui, Lirik, Japura, Rengat Kota, Kuala Cenaku, Kepas.
 
Menuju Taluk Kuantan sampai dengan Air Molek (8 Puskesmas) yakni Puskesmas Muara Lembu, Taluk Kuantan, Baserah, Cerenti, Peranap, Kelayang, Polak Pisang, Air Molek.
 
Menuju Dumai-Bagan Batu (11 Puskesmas) yaitu Puskesmas Rumbai, Minas, Kandis, Semunai, Muara Basung, Duri, Bangko, Bukit Kapur, Dumai Kota, Ujung Tanjung, Bagan Batu.
 
Menuju Perbatasan Sumatera Barat (7 Puskesmas) yaitu Puskesmas Air Tiris, Rumbio, Kampar, Bangkinang Kota, Salo, Kuok dan Tanah Datar.
Sumber: (MCR/rat)

(101) Dibaca - () Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
Redaksi | Info Iklan
Copyright 2012 cv. PARADIGMA MEDIA MERDEKA (PMM), All Rights Reserved