RIAU MERDEKA / Otonomi / APDESI Rohul Punya Program Strategis

PERCEPATAN PEMBANGUNAN DESA TAHUN 2019
APDESI Rohul Punya Program Strategis

Otonomi - Redaksi |
Sabtu, 10/08/2019 - 15:12:15 WIB
RIAU MERDEKA - Usai dilantik menjadi Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa  Seluruh  Indonesia (APDESI)  Periode 2019-2024, Zulfahrianto mengungkapkan, Dua program kerja Pengurus Apdesi Rohul yang akan segera diterapkan. Pertama, mensinkronkan pemerintah desa dengan Pemerintah Kabupaten Rohul.

Kedua, Memantapkan Peraturan Desa (Perdes) yang dikuatkan oleh Peraturan Bupati (Perbup), terkait kerjasama dengan pihak ketiga dalam hal ini adalah pihak  perusahaan. Sehingga pemerintah desa tidak semata mata bergantung pada  bantuan pemerintah melalui Alokasi Dana Desa dan Dana Desa (ADD-DD).

"Para kades mestinya bisa mencari anggaran lain, untuk dapat membangun desanya masing-masing yang bersumber dari pihak ketiga, untuk membangun dan menata desa,"Kata Ketua APDESI Kabupaten Rohul Zulfahrianto usai dilantik di Sapadia Hotel, Rabu (24/7/2019) bulan lalu.

Lebih lanjut  Zulfahrianto menyebutkan, Ada Peraturan Bupati (Perbup) terkait perusahaan yang berada di sekitar desa berkewajiban merealisasikan dana sosial  melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR).

"Langkah kebijakan Pemerintah Desa Sontang dapat dijadikan sebagai salah satu  referensi  meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) Rp10/Kg, Hasil dari pemotongan harga Produksi Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit yang diberikan pihak perusahaan sebagai PAD, " kata Kades Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam ini.

Program yang diterapkan Pemerintah Desa Sontang sebut Anto, Hendaknya juga dapat dilakukan oleh para Kades yang tergabung dalam  APDESI Rohul . Sehingga seluruh desa yang ada di Rohul bisa menjalin kemitraan dan menjalin kerjasama dengan pihak perusahaan di wilayah nya masing-masing, "harap Kades Sontang yang saat ini masuk dalam bursa Calon Bupati Kabupaten Rohul Tahun 2020.

Penulis : Palasroha Tampubolon
email    : redaksi.riaumerdeka@gmail.com

Komentar Anda :
 
Redaksi | Info Iklan
Copyright 2012 cv. PARADIGMA MEDIA MERDEKA (PMM), All Rights Reserved