RIAU MERDEKA / Pendidikan / Manfaatkan Sumber Daya Alam di Kampung Merempan Hulu

MAHASISWA UNRI KUKERTA REGULER TAHUN 2019
Manfaatkan Sumber Daya Alam di Kampung Merempan Hulu

Pendidikan - Redaksi |
Kamis, 05/09/2019 - 15:23:19 WIB
RIAU MERDEKA - Mahasiswa Universitas Riau (Unri) Reguler Tahun 2019 melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA). Bahannya berasal dari  tumbuh tumbuhan mengandung zat biotik maupun abiotik yang tumbuh di alam bebas. Selain mengandung nutrisi dan obat juga memiliki nilai ekonomi. 

Hal itu terungkap saat Mahasiswa Kukerta Reguler Universitas Riau bersama masyarakat Kampung Merempan Hulu mengadakan Demo Masak pada Kamis, (8/8/2019) yang lalu. Kegiatan berlangsung sukses di Balai Desa Kampung Merempan Hulu. Adapun kegiatan demo memasak ini memanfaatkan sumber daya alam yaitu berupa tanaman lidah buaya dan ikan lele. Selanjutnya diolah menjadi Nata De Aloea Vera dan Nugget Ikan Lele yang ada di kampung tersebut.

Demo memasak mendapat apresiasi positif dari masyarakat, khususnya ibu-ibu karena dapat menambah penghasilan keluarga maupun penghasilan penduduk kampung Merempan Hulu. Bahkan pada saat kegiatan berlangsung ibu-ibu nampak antusias ketika bertanya terkait proses serta manfaat dari bahan dasar lidah buaya dan ikan lele.

"Pengolahan lidah buaya ini akhirnya bisa menjadi Nata de aloea vera, Sehingga mendapat apresiasi dikarenakan cita rasa dan keunikan dari olahannya, "Ucap ibu Lia Ketua PKK Kampung Merempan Hulu.

Dikatakan, Kegiatan Demo Memasak yang ditaja sangat bermanfaat, karena dapat menambah wawasan mengenai pengolahan serta pemanfaatan lidah buaya dan ikan lele yang bisa menjadi peluang ibu-ibu untuk menambah penghasilan. Selain itu, masyarakat mendapatkan edukasi membuat salah satu menu hidangan pada saat acara di rumah. Tak hanya sampai disitu,  Apabila  terus dikembangkan maka bisa menjadi ciri khas makanan dari Kampung Merempan Hulu, "Terang nya.

Kegiatan ini dipraktekkan secara langsung oleh Mahasiswa Kukerta Univeritas Riau Tahun 2019 yang diikuti oleh masyarakat, khususnya Ibu-ibu di Kampung Merempan Hulu, Kecamatan Siak.

Penulis : Tim Kukerta
Editor   : Palasroha

Komentar Anda :
 
Redaksi | Info Iklan
Copyright 2012 cv. PARADIGMA MEDIA MERDEKA (PMM), All Rights Reserved