Serap Aspirasi Masyarakat Tobasa

Anggota DPR RI Sihar Sitorus Reses di Awal Tahun 2020


RIAU MERDEKA || TOBA SAMOSIR - Anggota Komisi XI DPR RI Sihar P.H. Sitorus melaksanakan reses di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Senin,  (6/1/2020). Adapun tujuan dilaksanakannya reses atau kunjungan kerja tersebut, dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat meliputi bidang  Keuangan dan Perbankan yang berhubungan dengan Komisi XI. 

Sebagaimana diketahui, Komisi XIj uga berhubungan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK),  BPS, BUMN Privatisasi, Bappenas, BPK dan lain sebagainya. Menurut Sihar, berdasarkan prediksi Kementerian Keuangan RI, Perbankan serta ahli ekonomi menyebutkan, bahwa perekonomian Indonesia pada tahun 2020 akan mengalami sedikit melambat. Sehingga pihaknya perlu melihat dan mendengar langsung dari masyarakat terkait dampak tersebut.

Pada bagian lainnya, Sihar menyoroti akan bahaya Stunting. Datanya harus akurat karena akarnya stunting adalah  soal asupan gizi yang berhubungan dengan tingkat pendapatan atau penghasilan masyarakat. 

Selain itu, Ia memaparkan soal pendidikan, dimana Angka Partisipasi Kasar (APK) di Provinsi Sumatra Utara (Sumut) hanya 30% pada Tahun 2018. Sebab, APK adalah rasio jumlah siswa yang berkaitan dengan jenjang pendidikan tertentu. "Berarti usia sekolah - 18 tahun hanya 30 persen di bangku sekolah. Kalau tren ini berlanjut maka lahan pekerjaan adalah sebagai buruh. Jadi perlu perhatian terhadap kondisi pendidikan ini termasuk mendorong berbagai pihak untuk dapat memberikan bea siswa.

Hal lainnya disorot soal perhatian Bank dan Perusahaan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) untuk pemberdayaan masyarakat. Kemudian soal pariwisata dan konservasi alam yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sebelumnya, Sekdakab Toba Audi Murphy Sitorus dalam pertemuan kunjungan kerja reses perorangan Anggota DPR RI Sihar P.H Sitorus di Balai Data Kantor Bupati Tobasa menyampaikan, ucapan salam hangat dari Bupati Darwin Siagian dan Wabup Hulman Sitorus yang tidak dapat hadir dalam pertemuan tersebut.

Sumber : (MC Tobasa end/rik)
Editor    : Palasroha Tampubolon

TERKAIT