RIAU MERDEKA / Pemkab Rokan Hulu / Sekda Ikuti Rakor Persiapan Pilkada bersama Kemendagri

Sekda Ikuti Rakor Persiapan Pilkada bersama Kemendagri

Pemkab Rokan Hulu - Redaksi |
Selasa, 16/06/2020 - 12:35:51 WIB
RIAU MERDEKA || ROKAN HULU – Sebanyak 9 Provinsi dan 261 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan melaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tanggal 9 Desember 2020. Pilkada tahun ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya karena dengan mematuhi Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

Terkait dengan itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2020 secara Virtual atau video conference (Vicon) dengan Kemendagri, Sabtu, (13/6/2020). 

Rakor yang dipimpin Sekjen Kemendagri ini diikuti seluruh Sekretaris Daerah (Sekda) se Indonesia, yang juga diikuti Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si serta dihadiri Irjen, Dirjen Otda Akmal Malik dan Dirjen BKAD Dr. Adrian serta Dirjen Bangda Nunung, turut hadir juga Kepala BPP serta jajaran lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Kemendagri dan seluruh Sekda Kabupaten/Kota serta Provinsi yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020 membahas mengenai persiapan pelaksanaan Pilkada serentak yang akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020, yang akan diikuti oleh 9 Provinsi dan 261 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

"Kami berpesan kepada seluruh penyelenggara / pelaksana Pilkada di daerah agar dapat mempertanggungjawabkan penggunaan dana hibah untuk pilkada serentak tersebut," harapnya

Selain itu, Kemendagri juga mengingatkan seluruh unsur penyelenggara Pilkada agar dapat mengajukan surat tertulis kepada Pemerintah Daerah terkait penggunaan dana hibah.

"Bagi seluruh penyelenggara Pilkada agar dapat terus menjaga komunikasi dan koordinasi dengan unsur pusat demi menghindari kesalahpahaman di daerah," pintanya

Kemendagri juga berpesan kepada para kepala daerah yang daerahnya mengikuti Pilkada serentak 2020, agar dapat memberikan kemudahan bagi penyelenggara dalam menggunakan dana hibah yang ada.

Pada kesempatan itu, Kemendagri juga mengajak seluruh kepala daerah dan penyelenggara Pilkada untuk bersama-sama mewujudkan kerja sama yang baik demi mensukseskan pilkada 2020 yang aman dari Covid-19.

"Sebelum Pilkada dilaksanakan, seluruh penyelenggara agar dapat terus mensosialisasikan serta memberikan gambaran atau pemahaman kepada masyarakat terkait pelaksanaan pilkada yang aman Covid-19," katanya

Demi mewujudkan pelaksanaan Pilkada aman Covid-19, maka penyelenggara juga harus memepersiapkan segala kebutuhan seperti APD (masker, hands coon, face shield dan alat cuci tangan).
Sumber : (MC/Rohul)

Komentar Anda :
 
Redaksi | Info Iklan
Copyright 2012 cv. PARADIGMA MEDIA MERDEKA (PMM), All Rights Reserved