RIAU MERDEKA / Otonomi / Destinasi Objek Wisata Air Panas "Memanas"

Destinasi Objek Wisata Air Panas "Memanas"

Otonomi - Redaksi |
Selasa, 23/06/2020 - 20:06:05 WIB
RIAU MERDEKA || ROKAN HULU -  Setelah Destinasi Objek Wisata Air Panas menjadi Viral  pemberitaan yang dilansir oleh puluhan media online dan medsos pada tanggal, 9 Juni 2020 lalu. Puluhan media online dan medsos tersebut menyebutkan, bahwa Destinasi Objek Wisata Hutan Air Panas adalah berada di wilayah Desa Air Panas, Kecamatan Pendalian IV Koto Kabupaten Rokanhulu.

Ironisnya, Destinasi Objek Wisata Hutan Air Panas tersebut berada di wilayah Desa Sikebaujaya Kecamatan Rokan IV Koto. Hal itu berdasarkan data geografis, data historis dan data dilapangan. Pemberitaan itu akhirnya menuai pro kontra dan sempat menjadi polemik ditengah tengah masyarakat.

Namun  kedua belah pihak desa Sikebaujaya dan Desa Air Panas akhirnya dipertemukan di Kantor Camat Rokan IV Koto, Kabupaten Rokanhulu, Selasa, (23/6/6/2020), namun sayangnya musyawarah tersebut  berjalan alot dan berujung deadlock. Rapat selanjutnya ditunda sampai waktu yang belum dapat ditentukan.

Camat Rokan IV Koto , Kabupaten Rokanhulu Alparid Toha, S.IP didampingi Camat Pendalian IV Koto, Afkar menyebutkan, Musyawarah yang dilaksanakan sesuai undangan yang disampaikan sebelumnya. Musyawarah bertujuan mencarikan solusi sehingga dimasa yang akan datang tidak terjadi polemik dan kesalahpahaman ditengah tengah masyarakat.

"Persoalan sudah di Inklaf atau belum di Inklaf oleh pihak PTPNV terkait lokasi Objek Wisata Air Panas, Namun sesuai data geografis, historis serta persyaratan pemekaran Desa Sikebaujaya tidak bisa dibantah, Karena memiliki bukti otentik terkait Objek Wisata Air Panas masuk dalam wilayah teritorial Desa Sikebaujaya, "Terang Adek Kandung Bupati Kabupaten Siak ini.

Sementara Camat Pendalian IV Koto Afkar berharap persoalan tersebut dapat diselesaikan secara objektif terkait penyelesaian status objek wisata air panas. Hal ini sehubungan dengan  anjuran pemerintah agar setiap desa dapat melakukan inovasi desa.

"Mari kita bersabar menunggu surat keterangan telah di Inklaf oleh pihak PTPNV, untuk dijadikan sebagai acuan kebijakan pengelolaan Objek Wisata Air Panas, "terang Afkar.

Hadir pada kesempatan itu antara lain,  Tokoh Adat Rokan IV Koto,  H. Samsul Sani, Kades Desa Sikebaujaya Warsito, Mantan Kades Sikebaujaya Selamat Pohan, Ketua BPD Desa Sikebaujaya Eko T Sugito, Sekdes Sikebaujaya, Tokoh masyarakat Sikebaujaya H. Ramzi, Ketua Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Kecamatan Pendalian IV Koto, Tokoh Adat Kecamatan Pendalian IV Koto, Kepala Desa Air Panas Kecamatan Pendalian IV Koto, Rahayu,A.Md, Sekretaris Desa Pendalian dan tokoh lainnya.

Penulis : Palasroha Tampubolon 
Email    : redaksi.riaumerdeka@gmail.com

Komentar Anda :
 
Redaksi | Info Iklan
Copyright 2012 cv. PARADIGMA MEDIA MERDEKA (PMM), All Rights Reserved