RIAU MERDEKA / Otonomi / Berawal Dari Hobi, Hasilkan Jutaan Rupiah

Berawal Dari Hobi, Hasilkan Jutaan Rupiah

Otonomi - Redaksi | Minggu, 14/4/2019

PEKANBARU - Berawal dari hobi foto makanan, ibu dua anak bernama Oci Yonita Marhari yang tinggal di Jalan Gajah Kulim Pekanbaru ini menghasilkan uang jutaan rupiah perbulan dari hasil fotonya.

Oci menyebutkan, latar belakang munculnya ide memperdalam food fotografi atau foto makanan ini karena banyaknya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pekanbaru yang tidak dikenal oleh masyarakat luas, padahal banyak produk-produk UMKM Pekanbaru yang berkualitas dari segi bentuk maupun rasanya.

Untuk itu, Oci berniat membantu memperkenalkan produk-produk UMKM dengan memperkenalkan melalui digital marketing terutama foto, yang pada saat sekarang paling banyak dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat luas.

"Awalnya ingin bantu UMKM biar berkembang, memperkenalkan dunia digital marketing. Dulu kita kasih gratis untuk satu produk foto, kalau lebih dari satu baru bayar," katanya, Sabtu (1/6).

Oci menambahkan, respon masyarakat terkait hasil fotonya cukup bagus sehingga banyak yang memakai jasanya bahkan hingga ke luar Provinsi seperti pulau Jawa dan lainnya.

Untuk harga per fotonya, Oci memaparkan itu bermacam-macam, mulai dari harga 35 ribu per foto hingga 450 ribu, tergantung tingkat kerumitan dan permintaan dari pemesan foto itu sendiri. Bahkan Oci mengaku, rata-rata pendapatannya dari hasil fotonya mencapai 2 juta per minggunya.

"Kalau foto biasa, kita kasih harga 35 ribu per foto, tapi kalau yang pakai edit lagi seperti foto makanan terbang itu harga lebih mahal bahkan mencapai 45o ribu per foto, tergantung tingkat kerumitannya. Kita juga ada sistem paket biar lebih murah," tambahnya.

Untuk konsep foto, Oci menawarkan outdoor dan indoor. Untuk indoor, Ia memiliki studio mini di dalam rumahnya dengan beraneka ragam properti pendukung. Sedangkan untuk outdoor, biasanya Oci motret di halaman belakang rumahnya atau di taman maupun hutan kota Pekanbaru.

Ibu rumah tangga yang sempat menjadi dosen manajemen ini juga menjelaskan, seiring perkembangan zaman, tuntutan serba online itu semakin pesat. Saat ini, Ia tidak hanya menerima jasa foto namun juga memiliki brand sendiri yaitu support media pekanbaru yang bisa menghandel jasa foto, desain logo, desain spanduk, bahkan hingga sampai hendel sosial media.

Menurut Oci, saat ini permintaan pemakaian jasanya cukup pesat sekali. Karena hasil kerja dari timnya yang berjumlah 4 orang tersebut konsisten dan mencapai target yang telah ditentukan.

"Hasil kerja tim kita cukup baik, diterima masyarakat. Ada jasa desain, foto, hendel sosial media, dan banyak lagi," sebut Oci yang juga sempat menjadi penulis buku ini.

Mulanya, kendala yang dihadapi Oci merintis usaha ekonomi kreatif ini yaitu dianggap remeh dan direndahkan orang banyak. Banyak masyarakat yang menilai food fotografi hal yang sepele dan tidak rumit.

Namun, berkat kegigihan Oci yang mulai mendalami jasa foto dari akhir tahun 2016 hingga saat ini, jasa fotonya mulai banyak diminati dan pertama hadir di kota Pekanbaru.

"Awalnya dinilai apa susahnya memotret yang jelas-jelas saat ini orang memiliki kamera yang super canggih, tapi motret tidak segampang itu, apalagi makanan. Lama kelamaan masyarakat tahu bahkan sampai dicari dan dibutuhkan orang," pungkasnya.

Oci mengaku, bidang ekonomi kreatif seperti yang Ia lakoni saat ini masih sangat besar peluangnya di masyarakat. Apalagi ditambah dengan tuntutan zaman yang serba digital membuat jenis usaha tersebut banyak dicari orang.

"Peluang usaha dibidang penyedia jasa seperti support media Pekanbaru ini masih besar, masih banyak dicari dan dibutuhkan orang," tutur Oci. 
Sumber: (MCR/IP)

(61) Dibaca - () Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
Redaksi | Info Iklan
Copyright 2012 cv. PARADIGMA MEDIA MERDEKA (PMM), All Rights Reserved